23 August 2008

Membuat ID CARD (PVC)

Posted in printing tagged at 2:16 pm by masche

Berikut proses membuat ID Card :

1. Buat desain ID Card di Corel / Photoshop

2. Print design ID Card menggunakan PVC TRANSPARANT dengan posisi mirror / terbalik ( print dibagian PVC yang buram / doff )

3. Lepaskan pelidung plastik tipis diatas permukaan PVC PUTIH

4. Tempelkan hasil prin PVC TRANSPARAN ( Posisi gambar tidak terbalik ) diatas PVC PUTIH

5. Gunakan 2 lembar PVC TRANSPARANT untuk design 10 kartu ( 1 lembar design depan dan 1 lembar design belakang )

6. Sisipkan PVC PUTIH diantara kedua design pada PVC TRANSPARANT

7. Atur suhu 120 s/d 180 derajat pada mesin laminating

8. Nyalakan ketiga tombol, tunggu sampai lampu hijau menyala

9. Laminating PVC TRANSPARANT dan PVC PUTIH

10. Potong menjadi 2 bagian hasil LAMINATING ( 10 cm x 29 cm )

11. Gunakan mesin potong ID Card

12. Untuk hasil mengkilap, lepaskan pelindung plastik tipis pada permukaan kartu yang telah dipotong

13. Proses selesai SUKSES !

8 Comments »

  1. wahyudi said,

    sebelumnya salam kenal,
    saya dah coba langkah tersebut, tetapi setelah beberapa bulan hasilnya jadi kabur (warna membaur), alhasil ID Card jadi nggak dikenali lagi, kira2 apa yang salah?

  2. anto said,

    boss, tolong kasih gue tempat rec membeli bahan PVCnya, Harga yang paling murah, untuk 20rb kartu, di sms dong, thx

  3. nabila said,

    @wahyudì
    pake tinta pigmen bos jangan dye pasti luntur, saran saya pake epson c90 tinta pigmen.SUKSES..
    sy jg lagi coba2 bikin idcard

  4. fendi said,

    tutorial nya berguna sekali bagi saya……..,saya rncana mo buka usaha pmbuatan id card kalau boleh tau apa2 saja kbutuhannya ya mas…dan kira2 berapa harga peralatannya dan jenis printer nya….kalau bs balas ke email saya ya mas……..sblummnya saya ucap kan terimakasih :)

  5. ronald said,

    kejadian serupa jg saya alami, apalagi di simpan di dompet, 2 minggu langsung blur effect alias buram. Tanya kanan – kiri, ada yg bilang kualitas tintanya kurang oke,dan ada yg bilang pake printer laser. bagi yg punya solusi yg asyik tapi ga ribet, ayo tukeran ilmu. yang pelit silahkan minggir. Salam kenal.

  6. ardina said,

    btw… kertas pvc apaan cie?

  7. masche said,

    kertas pvc ==> kertas berbahan pvc yang biasa digunakan dalam pembuatan ID Card.
    Sekarang PVC Paper mudah didapatkan di toko-toko.

    Thx

  8. wahyudi said,

    terimakasih sebelumnya, setelah saya ganti tinta (printer juga ganti ke c90 dan pake tinta durabrite) hasil sampai sekarang (3 bulan) masih terlihat OK, saya belum bisa ngasih saran secara pasti karena belm lihat hasil setelah 1 tahun, tapi kalo lihat hasil sementara ini masih bagus. buat temen2 yang mengalami hasil lama2 menjadi kabur, menurut saya itu masalah ada di tinta.
    terimakasih dan selamat berkreasi!


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

